300x250 AD TOP

Rabu, 16 Oktober 2019

Tagged under: ,

Calon Instruktur Saka Informatika Garut membina Anggota Siaga


Saat ini pertemuan Kursus Bina Usaha sudah mendekati pertemuan ke 7 dari total 16 pertemuan. Kegiatan Saka (Satuan Karya Pramuka) Informatika kerjasama Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Garut dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Dinas Komunikasi dan Informatika Garut, dan Dinas Koperasi dan UMKM Garut ini dilaksanakan untuk memenuhi permintaan Gubernur Jawa Barat yang mengharapkan anggota Pramuka di Jawa Barat dapat membantu program desa digital dengan melaksanakan peran sebagai administrator sistem dan digital preneurship.   

Minggu awal hingga pertengahan bulan Oktober 2019 merupakan masa di mana peserta Kursus Bina Usaha Saka Informatika melaksanakan tugas pembinaan digital literasi kepada anggota Pramuka Siaga. Dalam rencana kegiatan pembelajaran Krida Bina Usaha, kegiatan tersebut merupakan prasyarat untuk memenuhi syarat kecakapan khusus tingkat Purwa. Kursus ini diikuti oleh calon instruktur Saka Informatika yang berasal dari perwakilan Kwartir Cabang di Garut dan juga lembaga pendidikan umum. 


Seperti yang dilakukan oleh kak Ade Chandra di Gudep (Gugus Depan) SD Negeri 2 Cikajang yang beralamat di Jl. Raya Cikajang No 52. Fahmi Basya, S.Pd.I selaku pembina di Gugus Depan tersebut memberikan izin yang seluas-luasnya untuk kegiatan pembinaan literasi digital kepada anggota Pramuka Siaga tersebut. Materi yang disampaikan kepada peserta adalah tentang internet sehat dab baik. Nampak anak-anak mengikutinya dengan antuasias.


Di tempat lain kak Sophan Jatnika melaksanakan kegiatan Literasi Digital di Gudep SD Negeri 2 Sukahati kecamatan Cilawu. Sebanyak 14 orang Siaga putra dan 18 orang Siaga putri mengikuti kegiatan tersebut. Hasil analisis menunjukan sekitar 80% dari peserta binaan kak Santun Rahayu ini sudah mengenal atau menggunakan komputer (smartphone dan laptop). Aktifitas yang paling sering dilakukan saat menggunakan smartphone adalah bermain games dan melihat video youtobe. Materi yang di berikan kepada peserta meliputi tips menggunakan komputer yang menyenangkan.


Selepas pertemuan ke-8, peserta Kursus Bina Usaha akan mulai memasuki materi kecakapan inti Bina Usaha, di mana peserta akan dilatih untuk dapat mengelola toko dan lapak online serta melaksanakan praktik jual beli online. Diharapkan terbentuk pusat penjualan produk desa yang dikelola oleh anggota Krida Bina Usaha Saka Informatika Garut di beberapa desa dan kecamatan di Garut. 

0 komentar:

Posting Komentar